Posted by rampak naong - -

banner CSD
siswa MA NASA merayakan karya
siswi tak mau kalah
Setelah tahun lalu berhasil menyelenggarakan Creative Student Day (CSD) I,  Madrasah Aliyah Nasy'atul Muta'allimin di bulan ini baru saja menyelenggarakan CSD II. Ajang CSD yang digelar setiap tahun ini  merupakan media bagi siswa sekolah kami merayakan kreativitasnya. Di hari yang sudah ditentukan, semua siswa diharuskan membawa karya ke sekolah. Saya mengamati, selama dua tahun penyelenggaraan CSD, ternyata cara ini bisa dibilang ampuh mendorong siswa mengeksplorasi gagasan dan kreativitasnya.

Di tahun ini, penyelenggaraanya agak berbeda dengan tahun lalu. Tahun lalu pihak sekolah tidak menentukan thema lomba. Alasannya untuk memberikan kebebasan bagi para siswa mengeksplorasi apa pun kreativitasnya. Setelah dievaluasi, cara ini ternyata menyulitkan bagi dewan juri untuk melakukan penilaian. Pada tahun ini pihak sekolah memutuskan ada thema lombanya. Kreteria umum tetap seperti semula, orisinil dan inovatif.

Untuk karya tulis (opini, puisi, dan cerpen) themanya “aku dan ibuku”. Khusus resensi para siswa diminta untuk meresensi sebuah kitab yang sangat terkenal di pesantren yaitu “Ta’lim wal Muta’allim”. Untuk kerajinan tangan, kaligrafi, dan lukisan bahan utamanya harus memanfaatkan barang bekas atau memanfaatkan barang-barang yang banyak tersedia di lingkungan para siswa. Jika perlu variasi dan perlu membeli, maka harus membeli yang murah.

Para siswa, sebagaimana CSD I tahun lalu, diberi waktu satu bulan untuk mencari ide dan merangkainya menjadi sebuah karya di rumah. Pas satu bulan –pada hari dan waktu yang sudah ditentukan— para siswa diharuskan membawa karyanya secara bersamaan ke sekolah. Inilah saat-saat yang paling mengesankan dan membahagiakan. Semua siswa dengan penuh keceriaan dan percaya diri membawa, menjinjing, dan memajang serta merayakan hasil kreasinya di depan kelasnya masing-masing.

Saya dan para guru lainnya agak pesimis, siswa akan mengulangi karya yang sama dengan karya yang sudah mereka hasilkan pada CSD I, terutama di jenis kerajinan tangan. Teryata ketika hari pengumpulan karya tidak terbukti. Bahkan karya yang masuk hampir semuanya gagasan baru.

Data karya yang masuk ke panitia menunjukkan berjumlah 349 karya dari 391 siswa. Ada beberapa siswa yang tidak menyerahkan karya, tetapi bagi mereka tetap diharuskan berkarya dan sebagai sanksinya tidak diikutkan pada lomba. Dari 349 karya itu terdiri dari 13 opini, 12 resensi,  143 puisi,  15 cerpen, 12 kaligrafi,  154 kerajinan tangan (handycraft). Sayangnya tahun ini tidak ada siswa yang melahirkan karya lukis. Dari masing-masing jenis karya ini kemudian dinilai oleh tim juri dan diambil 3 pemenang. Dari data di atas, yang paling ketat penilaiannya terutama di karya puisi dan kerajinan tangan.

Inilah sebagaian karya-karya dalam  kegiatan CSD II
sebagian tulisan karya siswa dipajang
pot bunga dari kulit kacang
tempat tissu dari kulit kerang

miniatur rumah dari biji korek api
figura dari pelepah pisang

rumah minang bikinan siswa madura
perahu dari pelepah bambu

kaligrafi memnafaatkan paku dan benang

miniatur ranjang penganten

tekok,gayung dan lampu belajar dari batok kelapa
beragam sandal dari barang bekas

kayu bekas pun jadi inspirasi